pertengkaran kecil

Setiap aku mendengar atau sekedar menggumamkan lirik nasyid ini. Setiap itu pula aku teringat akan dirimu. Sesuatu yang telah hilang dan tak akan sama lagi meski dia kembali. Ucapan, kata, kalimat, dan perilaku yang sering kali menyinggung. Kita tak pernah bertengkar. Kita tak pernah berselisih. Namun, sekali itu terjadi. Bongkahan api itu meledak. Dan, seakan aku tak mampu memperbaikinya kembali. Tawa yang selalu mengiringi kebersamaan kini telah berubah menjadi tangis. Baca lebih lanjut

prasangka

Semalam, ponsel saya berteriak. Namun, baru sempat saya baca ketika sahur tadi. Sebuah pesan singkat masuk. Isinya arti potongan ayat untuk menjauhi sebuah prasangka. Secara refleks saya membalasnya dengan berterima kasih atas tausyiah tersebut. Lantas saya berpikir. Prasangka, syak wasangka, atau curiga memang berujung pada dosa. Sebagai seorang muslim saya tidak sedikit pun menyangsikannya. Namun, sebagai manusia yang diberikan logika berpikir kritis. Baca lebih lanjut