Beranda » jalan-jalan » Kesultanan Kacirebonan: Tiga Ikan Berkepala Satu #Cirebon

Kesultanan Kacirebonan: Tiga Ikan Berkepala Satu #Cirebon

IMG_20170415_131359

Bagian yang biasa digunakan untuk bertemu tamu.


Selain Kanoman dan Kasepuhan, masih ada dua lagi keraton yang seharusnya aku datangi yakni Kacirebonan dan Keprabonan. Namun karena salah jalur, Keprabonan tidak bisa aku kunjungi. Mungkin lain kali aku akan ke sana lagi.

IMG_20170415_130626
Setelah belajar di Kasepuhan, aku melanjutkan berjalan kaki menyusuri Jalan Pulasaren. Tujuan berikutnya adalah Kasultanan Kacirebonan. Aku tidak lama ada di kasultanan ini. Selain karena sepi, hari memang sudah sore.


Kasultanan Kacirebonan dibangun setelah melalui berbagai konflik kerajaan. Membicarakan sejarah Cirebon dengan empat kesultanan adalah luka. begitu pula saat kita membicarakan sejarah kerajaan-kerajaan lain di Nusantara ini.

IMG_20170415_131533

Foto anggota Kacirebonan.

Kasultanan Kacirebonan merupakan setengah dari Kasultanan Kanoman. nah baru jelas alasan Kanoman lebih kecil dibanding Kasepuhan. Kacirebonan sendiri dibangun dengan uang “gaji”. Lebih lengkapnya bisa buka di wiki ya. HAl yang jelas adalah kasultanan ini ada setelah sang permaisuri dianugrahi putra. Sebelum ada kasultanan tersebut, keluarga Kacirebonan tinggal di Sunyaragi.


Tidak banyak yang bisa aku ceritakan dari Kacirebonan selain rasa hormat atas sebuah kesederhanaan dan kekuatan melawan penjajah pada masa itu.


Berbagai peninggalan menjadi sebuah jejak yang tak mudah lekang. Di antara “reruntuhan” masih ada puing yang manis tersimpan. Itulah kekayaan negara kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s