Beranda » ceritaku » Mumps: Si Gondong yang Nyelonong

Mumps: Si Gondong yang Nyelonong

Sehari setelah pulang dolan Cirebon (Senin malam), aku merasa sakit saat mengunyah. Tapi aku biarkan, kupikir mau radang. Keesokannya badan mulai tidak nyaman.
Sore masih ada kegiatan sampai maghrib. Badan mulai demam. Cek dokter. Dan tarraaa si gondong nyelonong nyamperin aku qiqiiiqiq. Aku Cuma dikasih ibuprofen dan antibiotic.

Sebenarnya, tanpa diberi obat gondongan akan sembuh dengan sendirinya. Tetapi karena virus ini sudah menyebar sekitar 2 bulan di kelasku, dokter memberiku antibiotic. Demam yang tinggi dan rasa nyeri dibantu dengan ibuprofen.

Anak-anakku biasanya sembuh dalam waktu sepekan (entah beneran sembuh atau tidak ya). Yang jelas selama makan baik, istirahat cukup, dan kondisi tubuh oke si gondong lekas bablas. Masalahnya kondisi tubuh yang drop disertai malas makan buah, membuat si gondong nempel 2 pekan di tubuhku.

Selama 14 hari itu ada fase demam paling tinggi, yakni Selasa dan Jumat malam. Keduanya karena proses pembengkakan kelenjar ludah. Pada kasusku kelenjar ludah yang membengkak dari depan dan belakang telinga ditambah bawah dagu.

Terus nggak sekolah dong?
Seharusnya begitu. Seseorang yang terkena virus gondong sebaiknya istirahat di rumah sampai benar-benar sembuh. Sebab jika tidak, virus tersebut bisa terbang dan menclok ke tubuh orang lain. Tapi mana bisa aku begitu. Aku Cuma izin satu hari Rabu hahahah. Selainnya aku tetap sekolah dibungkus masker.

Oh iya, gondong ini menyerang kelenjar ludah. Udara yang membawa ludah inilah perantara virus tersebut. Info dokter lagi meski si gondong ini penyakit yang tidak berbahaya, kita harus tetap waspada. Sebab gondong bisa membuat gangguan pendengaran permanen, bahkan keguguran bagi ibu hamil muda.

Karena itu kita harus berhati-hati. Dan untuk menghindari berbagai macam penyakit, seharusnya kita memang banyak makan sayur dan buah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s