Beranda » jalan-jalan » Menapak di Makam Sunan Gunung Jati #Cirebon

Menapak di Makam Sunan Gunung Jati #Cirebon

IMG_20170414_093920
Hari pertama, setelah jajan di Empal Gentong Krucuk, berikutnya adalah ke situs Makam Sunan Gunung Jati. Awalnya destinasi ini tidak masuk dalam daftar.
Alasannya? Karena awalnya Cirebon hanya ampiran.

Sesuai saran dari mbak resepsionis Slamet Hotel, aku memasukkan Makam Sunan Gunung Jati dalam daftar yang harus didatangi. Untuk sampai ke sana, aku jalan sedikit ke arah Tugu BTN dan naik angkot GG.

IMG_20170414_095138
Dari keterangan mbak resepsionis makam jauh tempatnya. Eh nggak tahunya hanya 15 menit dari Tugu BTN ehehheh. Kebetulan aku kebablasan, jadi aku jalan kaki menuju situs makam.

IMG_20170414_094434
Sampai di situs, aku tidak masuk lewat gerbang utama. Aku masuk melewati pintu lain dan melewati banyak penduduk yang duduk-duduk di pinggir jalan. Mereka “ngalap berkah” alias mengemis. Ini tentu sangat disayangkan.

Untuk menuju makam utama, kita harus naik ke bukit. Selain itu kita akan melewati makam di kanan dan kiri jalan. Hal yang menarik salah satunya ada makam yang panjangnya lebih dari ukuran orang Indonesia pada umumnya.

Seperti yang sudah aku prediksi, di situs makam begitu kental dengan aroma dupa.
Aku tidak lama (kurang dari 10 menit) di makam utama. Bahkan aku tidak tahu bentuk makam di dalam pendapa tersebut.

Satu-satunya yang menarik adalah keramik yang ditempel di dinding pendapa. Setelah cekrek cekrek aku segera keluar. Meski demikian, mengunjungi situs sejarah adalah salah satu kesukaanku. Dengan melihat berbagai bentuk bangunan kita bisa melihat kemajuan budaya bangsa. Begitu pula dengan Makam Sunan Gunung Jati ini.

One thought on “Menapak di Makam Sunan Gunung Jati #Cirebon

  1. Ping-balik: Gedung Negara: Bonus #Cirebon | was indah sagst

Tinggalkan Balasan

