Beranda » jalan-jalan » Empal Gentong Krucuk #Cirebon

Empal Gentong Krucuk #Cirebon

IMG_20170414_092336
Meski bukan satu-satunya alasan, empal gentong memiliki daya tarik sendiri. Paling tidak demikianlah buatku. Rasa penasaran pada sesuatu yang berkuah.

Seperti pagi itu. Empal gentong menjadi sasaran pertama dolan kali ini. Empal Gentong Krucuk. Mengapa harus Empal Gentong Krucuk? Tidak ada alasan lain selain jarak yang terdekat dengan tempat menginap.

IMG_20170414_091723
Sebenarnya ada beberapa nama warung empal gentong di salah satu kota pesisir ini, misalnya Krucuk, Mang Darma, Mang Apud. Meski demikian masakan empal gentong akan udah ditemukan di berbagai sudut kota. Yah kayak mi ayam atau bakso di sekitaran Sala: buanyak buanget. Bahkan ada yang dijajakan dengan gerobak dorong.

IMG_20170414_090005
Ada dua jenis empal. Empal gentong sejenis masakan berkuah santan. Kedua empal asem dengan kuah bening. Biasanya ada yang memesan sate kambing juga. Rasanya? Persis masakan kare dengan rempah yang lebih kuat. Kekentalan kuahnya kurasa dari seringnya dipanaskan di dalam gentong dengan api kecil.

IMG_20170414_085930
Bagaimana cara ke Empal Gentong Krucuk? Dari Jalan Siliwangi (depan Stasiun Kejaksaan) cukup satu kali dengan angkot D6 dan turun di BTN atau bilang saja turun di Empal Krucuk.

Oh iya ada yang bilang bahwa Empal Krucuk merupakan cikal bakal Empal Mang Darma yang legendaries. Waktu aku ke sana warung lama dibongkar. Tapi tidak perlu khawatir. Warung baru tepat ada di sampingnya.

Selamat menikmati . . .

3 thoughts on “Empal Gentong Krucuk #Cirebon

    • nah saya malah belum sempat nyicip juga mas, mungkin lain kali.
      iya, menurut saya rasanya memang kayak kare, tapi serehnya agak banyak. seger rasanya.

  1. Ping-balik: Mencicipi Nasi Jamblang Mang Dul #Cirebon | was indah sagst

Tinggalkan komentar