Beranda » ceritaku » Cara Baru Naik Kereta Api

Cara Baru Naik Kereta Api

Sebagai pengguna moda transportasi kereta api yang telah lama vacuum, sekitar 1,5 tahun, banyak yang berbeda dari tatacara numpak sepur. Sejak masa akhir kuliah saya sudah mencoba naik kereta sendiri. Saat itu ke Surabaya, mau lihat skripsinya anak-anak UNAIR. Dilanjut ke Jakarta, PERPUSNAS. Tiket masih murah banget masih 21 ribu.
Hingga terakhir beli tiket tahun 2015 pas jalan-jalan ke Bandung. Sejak PT KAI memperbaiki diri makin banyak pula peminatnya. Kelebihannya semakin bersih. Sayangnya sekarang penjaja makanan yang sering sliwar sliwer di gerbong bahkan di peron sudah tidak ada. Selain itu, kita harus benar-benar beli jauh-jauh hari untuk mendapat tiket, terutama ekonomi pso.

IMG_20170424_185508

Lalu apa saja perbedaannya selain yang ditulis di atas?
1. Pembeli tiket tidak akan langsung mendapat tiket seperti dulu, melainkan bukti pembayaran. Bukti ini yang akan dicetak tiketnya sesuai no booking atau pembayaraan.
2. Tiket bisa dicetak 7×24 jam sebelum pemberangkatan.
3. Pencetakan tiket hanya bisa dilakukan dari stasiun keberangkatan.
4. Untuk pembatalan tiket hanya bisa dilakukan pada stasiun tertentu, Surakarta di Stasiun Balapan.
5. Sedangkan untuk menjadikan uang kembali perlu 1bulan untuk tunai dan lebih dari 1 bulan untuk ditransfer ke rekening.
6. Untuk pembatalan maupun penggantian jadwal harus datang sendiri atau menggunakan surat kuasa jika diwakilkan.

IMG_20170424_185203

Itu sedikit pengalaman kemarin waktu tukar tiket dan pembatalan. Satu lagi, jangan kaget kalau sekarang banyak banget antreannya. Dan jangan datang lebih dari jam 4. Loket hanya buka jam 08.00-16.00.

Terus kalau mau beli tiket kok ternyata sudah tutup, pakai saja mesin e-ticket. Mesin ini digunakan untuk membeli tiket kereta api. Kita bisa langsung ngecek kereta api yang masih kosong sekaligus membayarnya. Ada tambahan biaya 8ribu kalau tidak salah. Aku menggunakan kartu debit waktu beli. Jadi potongannya dua kali 😥 bayar tambahan tiket ples bayar uang transfer dari bank.

Oh, satu lagi. Potongan tiket yang dibatalkan adalah 25% dulu hanya 20 %.
Bagi pengguna kereta jarak dekat bisa dilayani paling cepat 3 jam sebelum keberangkatan, misalnya prambanan ekspres. Jadi agar tidak kehabisan tiket beli jauh dari jam keberangkatannya.

Ini saja dulu pengalaman baru naik moda transportasi kereta api. Semoga ke depan semakin baik lagi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s