Beranda » ceritaku » Balada Balik Nama #3

Balada Balik Nama #3

Aku lupa pada siang itu, setelah membayar 263ribu di Samsat Sukoharjo, sekaligus aku mendaftar balik nama BPKB di Polres Sukoharjo.

Sebenarnya di tembok sudah tertempel biaya yang dibutuhkan. Untuk membuat BPKB dari motor baru atau setengah pakai seperti milikku hanya 70ribu. Tapi petugas memungut 150ribu. Setahuku dari berbagai blog, semua itu harus dibayar di bank (BRI). Dengan alasan belum online, petugas meminta 150ribu.

Aku katakan, pak di Keterangan hanya 70ribu kok. Si bapak yang aku hapal namanya hingga sekarang jawab, mbak kalau tidak mau ya sudah silakan pulang, besok kembali lagi kalau sudah ada uangnya. Bah!! Sepele kali orang ini. Kubilang, pak saya mau bayar 150ribu kalau ada kuitansi resmi. Eh si bapak akhirnya mau juga.

Nah, BPKB resmi bisa aku ambil Januari 2016. Apakah proses cepat?
Jawabannya : Tidak. Aku datang awal dan duduk di kursi tunggu depan loket bermenit-menit. Orang yang datang sebelum aku sudah dilayani (mereka setelah aku tanya membayar 150ribu).

Oke, mau begini? Aku tunggu saja sampai hampir jam makan siang. Sekitar jam 11 lebih, aku baru dilayani sambil menepuk BPK-ku. Yaelah pak, memang kalau ditepuk terus itu jadi nggak laku? Aku ngeloyor sebelumnya sih sempat mengucap matur nuwun.

Lalu TNKB?
TNKB aku ambil bulan 12 tahun 2015. Antre banyak juga. Padahal tempat duduk minim. Heleh.

Begitulah balada balik nama yang aku rasakan. Memangnya kalau kita warga sipil terus tidak bisa bertindak? Zaman sosmed gini masih berani bertindak semaunya. Iya sih oknum, tapi oknum yang tertata dengan baik.

“Bukankah kebaikan tang tidak terorganisasi dengan baik akan kalah dengan kejahatan yang terorganisasi dengan sempurna?”

Tinggalkan Balasan

