Beranda » sekitar bengawan » Balada Balik Nama #2

Balada Balik Nama #2

Lanjutan dari kemarin.
Oh iya sebelumnya ada yang tanya: in itu kejadian sudah tahun lalu, kok batu muncul sekarang? Iye soalnye itu baru kelar urusan tanggal 4januari 2016.

Nah mari dilanjut! Setelah sebulan ngendon di Samsat Surakarta, semua berkas aku ambil Agustus akhir. Itu pun masih dipersulit. Iyalah kan aku tidak mau bayar 200ribu. Padahal pas aku lihat, ternyata berkas sudah di almari belakang. Tinggal ambil. Astagfirullah.

Siang itu juga aku ngacir ke Samsat Sukoharjo. Jam menunjukkan waktunya makan siang. Tapi aku senang, bagian informasi yang digawangi satpam membantuku untuk proses awal mutasi. Kabupaten tempatku tinggal katanya termasuk sulit. Antara iya dan tidak sih.

Satpam langsung mengarahkan ke gesek rangka motor. Aku langsung dilayani, tapi yah ada barang ada uang kan? Jelas saja untuk gesek rangka aku merogoh uang 50ribu.

Selesai gesek rangka motor, aku diarahkan ke lokat Pak Tutor. Iya namanya Tutor. Masuk berkas mutasi, bayar lagi 85ribu. Aku diminta datang lagi sepakan kemudian. Oke, paling tidak sudah beberapa langkah.

Sepekan kemudian, 1September 2015 aku datang. Ambil berkas dan mengantre ke tempat ambil formulir. Mendapat formulir, aku serahkan berkas ke mutasi masuk. Lama sekali. Akhirnya dipanggil dan membayar 263ribu.

Meski sudah membayar pajak dan mendapat STNK baru, saya tak lantas mendapatkan TNKB. Pasalnya tanda nomor itu baru bisa diambil 3 bulan kemudian.

Oke kita berhenti sampai di situ ya.

Tinggalkan Balasan

