Beranda » ceritaku » Balada Balik Nama #1

Balada Balik Nama #1

Peristiwa ini dimulai dengan terpaksanya aku membalik nama surat kelengkapan kuda hitamku dari pemilik sebelumnya yang sudah sepuh. Tahun 2014 eyang pemilik sudah sering opname, maka aku ambil inisiatif 2015 harus ganti nama agar tidak pinjam ktp beliau. Langkah apa saja yang harus dilakukan untuk balik nama?

Pertama siapkan persyaratan:
BPKB
KTP pemilik (yang membalik nama:aku)
STNK
Kuitansi motor (ini aku buat sendiri sesuai harga jual motornya saat itu) bermaterai 6ribu. Tanggal pada kuitansi hendaknya beberapa hari sebelum hari balik nama.
Semua berkas dipotokopi. Sebaiknya potokopi di dekat samsat dan bilang mau balik nama. Aku agak lupa jumlahnya.
Aku datang ke samsat setelah cuti libut bersama hari raya idul fitri (tanggal pajak motor 24 juli). Sebagai catatan: selain balik nama, aku juga pajak motor dan ganti TNKB.

Sampai di samsat Surakarta, parkir dan potokopi. Lalu ambil formulir untuk menggesek rangka motor..seharusnya proses ini tidak dipungut biaya. Namun aku tetap kena 20ribu. Saat petugas menggesek jangan lupa bilang mau balik nama dan sebut kota tujuan. Sebab balik nama dan pajak biasa ternyata beda kertas geseknya.

Selanjutnya, ke ruang sebelah tempat menggesek (aku lupa namanya) untuk mendapat formulir lengkap yang akan dibawa ke ruang utama. Ada banyak loket, carilah untuk balik nama atau pindah/mutasi kota. Kalau di Surakarta terletak di bagian timur.

Hati-hati saat di sini aku mulai ditawari untuk diuruskan dengan biaya 400ribu. Si bapak bilang: wah mbak ini ngurusnya ribet lho. Aku jawab: tidak apa-apa pak.

Setelah nunggu lama, akhirnya aku mendapat petunjuk untuk membayar di loket. Dan wow ternyata HANYA membayar 5ribu. Hari itu kebetulan Jumat dan akhirnya tutup kantor.

Esoknya (Sabtu) aku datang ke kantor lagi. Aku datang ke bagian kantor di samping kantor formulir. Sepi, aku hanya menunggu sebentar dan dapat surat rekomendasi mutasi.

Langkah selanjutnya, datang ke loket mutasi (loket yang sama seperti kemarin). Di loket ini aku lama menunggu. Saat itu aku masih ditawari jadi sebulan dengan biaya 200ribu.

Wew sebegitu kerennya sirkulasi penawaran itu. Aku hanya menjawab, 200ribu untuk apa? Apakah ada kuitansi resmi? Saya membaca di berbagai blog tidak demikian.

Dari serangkaian eyel-eyelan itu akhirnya, cabut data mutasi jatuh 75ribu. Oke, tapi tetap jadi sebulan. Yaelah lha wong sama sebulan kok masih saja beda.

Sampai di sini, lalu aku menunggu sebulan. Alhasil ketika jalan-jalan ke Parahyangan aku tidak bawa KTP. Sebab ktp dan berbagai berkas di atas ditarik samsat.

Langkah selanjutnya sudah di samsat Sukoharjo.

2 thoughts on “Balada Balik Nama #1

Tinggalkan Balasan

