Beranda » ceritaku » Monument Buto Ijo #Malang

Monument Buto Ijo #Malang

Monumen Buto Ijo di pagi hari.

Monumen Buto Ijo di pagi hari.

Pagi itu aku masih belum memperhatikan betul benda besar di tengah jalan depan Stasiun Malang. Bukan apa-apa takut kehabisan kamar hotel heheheh. Setelah malamnya dan keesokan paginya aku baru ngeh bahwa segunduk semen itu berbentuk buto ijo yang nglekar dan dikepung patung-patung kecil.

Monumen Buto Ijo di malam hari: lebih dramatis.

Monumen Buto Ijo di malam hari: lebih dramatis.

Itulah Monument Buto Ijo yang berada tepat di depan Stasiun Malang Baru. Banyak monument di Malang, salah satunya yang berada di dekat Taman Bentoel Trunojoyo tersebut. Dari sedikit informasi yang aku baca bahwa monument itu dibangun sebagai lambang perlawanan masyarakat Malang terhadap penjajah. Namun aku tidak menemukan tanggal atau waktu tepat monumen itu dibangun. Monument ini digambarkan dengan buto (raksasa) yang terlentang dan diserbu masyarakat. Katanya jumlah orang-orangan kecil adalah 19 buah (aku nggak ngitung). Ketika malam monument dengan relief di bawahnya ini diterangi lampu warna-warni menambah dramatis.

Harus diakui Malang sebagai salah satu kota penuh perjuangan. Karena itu tak mengherankan jika banyak dibangun monument dan tugu. Selain Monument Buto Ijo masih ada lagi monument perjuangan lain yang bisa diceritakan. Menceritakan perjuangan dan sejarah di Malang memang tak ada habisnya.

cacil: tidak memerlukan waktu khusus untuk mengunjungi monumen ini karena terletak di tengah jalan menuju Alun-alun Tugu Malang, sekali pintas bisa terlihat kok..

Iklan

2 thoughts on “Monument Buto Ijo #Malang

  1. Ping-balik: Taman Cerdas-Bentoel Trunojoyo #Malang | was indah sagst

  2. Ping-balik: Sarapan di Und Corner #Malang | was indah sagst

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s