Beranda » ceritaku » Zoology: Membuka Kenangan Bersama Para Burung #Batavia

Zoology: Membuka Kenangan Bersama Para Burung #Batavia

depan museum zoologi bogor :)

depan museum zoologi bogor 🙂

Masih ingat kan dua tahun lalu aku dolan ke Kebon Raya Bogor? Pengalaman itu sangat membekas. Sebab dari sanalah aku pertama melihat burung-burung yang dulu namanya aku jadikan bahan skripsi. Di tugas akhirku memang ada berbagai jenis burung. Banyak nama burung yang tersebut di tugas akhir itu. Burung-burung itu bercakap bersama di sebuah forum pembelajaran. Mereka ngobrolin ilmu keislaman.

Oh iya, bahan yang aku pakai untuk tugas akhir adalah sebuah naskah lama. Naskah yang ditulis dengan huruf arab melayu. Sebab, aku mengambil spesifikasi filologi yaitu ilmu yang membedah karya sastra lama (biasanya ditulis dengan aksara lama). Pokoknya keren deh ilmunya. Lho kok malah ngomongin tugas akhir 😀

IMG_0914

Kembali ke ZOOLOGI
Zoology adalah sebuah museum yang berada di dalam Kebun Raya Bogor (KRB). Di sana kita bisa melihat berbagai koleksi hewan yang sudah diawetkan atau replikanya. Koleksi itu mulai dari berbagai jenis kancil, harimau, badak, dan berbagai ular yang aku sengaja tidak masuk. Berjenis-jenis serangga cantik tertata di sebuah ruangan, kupu-kupu, kalajengking, capung, dan banyak yang aku tak tahu namanya. Semuanya menawan.

Dari artikel yang aku baca museum ini menyimpan puluhan ribu jenis fauna. Tercatat sekitar 650 jenis binatang mamalia, 1.100 jenis burung yang berasal berbagai wilayah di Indonesia, 600 jenis reptil dan ikan, 10.000 jenis serangga, 700 jenis invertebrata dan moluska sejumlah 2.300 jenis. keren? iyalah 😀

Sekali lagi tentang burung. Nama burung yang dulu hanya aku baca dari karya sastra, akhrnya aku temui bentuk dan rupanya. Burung nuri, burung bayan, burung merak, burung balam, burung kasuari, berbagai beo, dan banyak lagi. Dua tahun lalu ketika pertama kali melihat para burung yang tak lagi bergerak hati ini senang sekali. Kebahagiaan itu lebih-lebih lagi waktu aku diajak kelompok sains untuk belajar di Eco Green Batu Malang. Burung-burungnya cantik, banyak, dan berbagai-bagai jenisnya. Mereka bercericit. Mereka bersiul. Mereka melonjak. Bergoyang-goyang kian kemari hihihihihi. Nah lain waktu aku ceritakan deh pengalaman di Eco Green.

Di ujung pintu keluar kita akan diberi salam perpisahan oleh replica seekor ikan besar. Aku kurang tahu nama ikan itu. Di sinilah banyak orang berfoto ria, tapi aku enggak heheheheh. Meski begitu aku tetap merasa senang dengan pengalaman belajar di zoology. Suatu saat nanti aku akan kembali lagi ke sana: zoology.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s