Beranda » ceritaku » Monumen SYU #Kediri

Monumen SYU #Kediri

Susah sekali mencari informasi tentang monument yang berada persis di depan Gereja Merah ini. Berbagai tulisan sudah aku baca dan hasilnya tetap sama. Bahkan, sampai aku menulis ini rasanya kok belum sreg untuk mengunggah tulisan. Tapi apa boleh buat? Yang aku tahu, yang aku tulis.

Monument Syu aku temukan di Jalan Kdp Slamet, meski banyak yang menulis bundaran Syu ini berada di Jalan Jaksa Agung Soeprapto, Kediri. Karena aku bukan asli orang Kediri susah juga memastikan mana jalan yang benar. Yang jelas menumen ini dekat dengan di depan sisa Rumah Dinas Residen Kediri. Sayangnya aku tidak bisa masuk ke dalam rumah dinas ini. Iyalah! Siapa guweh??

aku rasa Monumen syu tepat di jalan ini heheheh

aku rasa Monumen syu tepat di jalan ini heheheh

Monumen wisata Kediri Syu sebenarnya hanya sebuah patung pria mempunyai ukuran besar. Patung ini mengenakan seragam tipe tentara Jepang. Di atas patung pria ini terdapat patung seekor burung garuda dengan sayap terkembang bertengger tak jauh di atasnya.

Patung pria yg mengenakan seragam PETA (Pembela Tanah Air) berwarna kuning keemasan itu berdiri tegak serta gagah dengan pistol di pinggangnya. Tangan kanannya mengembang ke samping memegang sebilah keris lekuk tiga yang terhunus miring di depan dada.

nah, inilah Monumen Syu. tepat di depan pintu masuk Gerja Merah

nah, inilah Monumen Syu. tepat di depan pintu masuk Gerja Merah

Sebenarnya aku masih penasaran dengan arti kata Syu. Ternyata setelah aku cari tahu, Syu merupakan posisi pemerintahan paling tinggi di Jawa satu tingkat karesidenan yang dimanfaatkan semasa pendudukan balatentara Jepang di Indonesia. Ini terjadi sepanjang berlangsungnya Perang Pasifik.

Sulit memang menemukan informasi, tapi harus diakui Monumen Kediri Syu dibangun agar kita dapat mengenang kembali kehadiran serta jasa-jasa pasukan Pembela Tanah Air (PETA) yang ada di lokasi Karesidenan Kediri pada masa Jepang, begitu pula ketika revolusi fisik tetap berjalan.

One thought on “Monumen SYU #Kediri

  1. Ping-balik: Ingin Mendatangi (kembali) Monumen PETA #Blitar | was indah sagst

Tinggalkan Balasan

