Beranda » ageming ati » Kelud Menyapa Kita

Kelud Menyapa Kita

pagi hari sekitar jam 06.30 hujan masih deras, bak salju.

pagi hari sekitar jam 06.30 hujan masih deras, bak salju.

Saat saya menulis ini, daerah di sekitar rumah diguyur rintik-rintik hujan membawa abu-abu menuruni dahan. Matahari juga mulai menampakan senyum di sela perbincangan Kelud. Inilah alam yang sedang bercengkerama.

Kamis, 13 Februari 2014. Jam menunjukkan pukul 22.50-an terdengar dentuman keras seperti bass: boom booom booom. Saya piker persiapan dangdut mengingat ada tetangga yang memiliki bisnis biduan. Tapi ternyata bukan, ini adalah suara sapaan Kelud kepada kita. Luar biasa, Tuhan menciptakan suara debaran hingga ke Solo dengan jarak yang sudah puluhan bahkan ratusan kilometer.

kabut abu yang menyelimuti solo pagi ini

kabut abu yang menyelimuti solo pagi ini

Jumat, 14 Februari 2014. Pagi redup, hujan deras mengguyur Solo dan sekitarnya. Hujan istimewa yang dikirim Kelud kepada sekitarnya. Bukti cintanya kepada sahabat. Siapa tahu Kelud memang menyampaikan rasa kasih sayangnya kepada Merapi. Tak ada yang tahu. Namun, dari ketidakpastian ini ada sebuah kepastian yang tak bisa disangsikan: kekuatan cinta Tuhan Allah yang memberi peringatan untuk semakin mencintai sekitar dan memperbaiki diri.

tanpa kata

tanpa kata

Saya benar-benar tak bisa bercakap lagi. Hanya rasa merinding yang meliputi diri. Ketakutan atas kekuatan Tuhan. Kekuatan saling cinta antarsesama yang menguat. Kepedulian yang teramat dalam. Dan semakin merasa kecilnya diri.

Pesan Tuhan melalui Sinabung mungkin belum sampai ke hati kita. Semoga cinta kasih Tuhan lewat Kelud hingga ke dasar nurani kita.

Iklan

One thought on “Kelud Menyapa Kita

  1. Ping-balik: Arc De Triomphe Van Java #Kediri | was indah sagst

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s