Beranda » ceritaku » Belajar Sejarah 2 #Sangiran

Belajar Sejarah 2 #Sangiran

jelas beda dong!

jelas beda dong!

Terlepas dari pro kontra tentang nenek moyang manusia, antara pengikut evolusi Darwin dan kepercayaan agama bahwa Adam adalah manusia pertama, aku tetap menghargai Sangiran sebagai sebuah museum. Ada pula pendapat tentang penggiringan sejarah. Namun, aku tetap menganut bahwa sejarah sesungguhnya sebuah karangan. Dulu, aku juga tidak sepaham dengan pendapat dosenku ini secara dia ihhhhhh nyebelinnya minta ampun deh. Sejarah yang sampai kepada kita bisa jadi kurang dari 50 persen kebenaran. Lalu apa salahnya jika kita mengatakan sejarah hanyalah sebuah cerita? Tergantung pihak yang punya kepentingan dan menjadikan sejarah sebagai sarana.

Oke deh kita lanjut saja jalan-jalan kita. Soalnya, kalau kita mengorek pro dan kontra jalan-jalan serasa menyakitkan 😦

masa perkembangan, hingga menjadi manusia modern. eits, ini bagi yang percaaya saja. kalau pun tidak abaikan oke?

masa perkembangan, hingga menjadi manusia modern. eits, ini bagi yang percaaya saja. kalau pun tidak abaikan oke?

Siang yang panas itu, seperti yang aku tulis sebelumnya, kami membayar 2.000 rupiah/orang. Murahnya!!
Museum memang tempat jalan-jalan yang terjangkau, kecuali ya museum sejenis Lovre di Prancis gitu. Jalan ke sana saja udah mahal, gimana yang lainnya?

Museum Sangiran dibagi menjadi 3 bagian. Pertama tentang masa sebelum kepunahan dengan berbagai binatang superbesar, kerang-kerang, hewan pemangsa, dan lainnya. Berbagi temuan di sekitar lembah sangiran dan sekitarnya dibangun ulang. Tentunya hanya sekian persen barang asli yang akhirnya ada di situ atau jangan-jangan malah sudah tidak ada yang asli karna semua sudah diboyong ke luar negeri? Karena bukan arkeolog, so mana ku tahu ini asli atau bukan?

salah satu bahan di ruang pamer satu.

salah satu bahan di ruang pamer satu.

Nah, kita akan memasuki pintu ke dua. Di pintu ini setelah masuk kita akan menemukan awal teori terjadinya bumi hingga para petualang sebagai penemu menemukan para ‘manusia pertama’. Perkembangan hingga penemuan. Replica penemu dengan berbagai aksinya. Temuan-temuan kecil yang dijadikan sebagai bukti atau berbagai jenis pose manusia purba. Ruang inilah yang disebut sebagai ruang langkah-langkah kemanusiaan.

menuju ruang pamer 2

menuju ruang pamer 2

IMG_0249

Dan taraaaaattttt, ruang terakhir. ruang pamer 3 yang berjudul masa keemasan homo erectus 500.000 tahun yang lalu. Di sini kita disuguhi sebuah diorama besar berisi manusia purba dengan tradisinya. Aku memang tidak mengiakan bahwa mereka nenek moyangku, tapi siapa tahu bahwa Tuhan membuat percobaan ya sejenis riset begitu sebelum menciptakan Adam sebagai manusia sempurna. Setelah pas formula, rumus, dan bahan lalu zaman si pithecan ini diganti dengan zaman kita. Mungkin lho. Kita tentu saja boleh berpendapat dan menerka-nerka, tapi tetap Allah lah yang tahu segalanya. Sebab, Dia yang mencipta.

dan, inilah pintu terakhir yang kami masuki, masa keemasan manusia yang konon berevolusi :)

dan, inilah pintu terakhir yang kami masuki, masa keemasan manusia yang konon berevolusi 🙂

Oke demikianlah jalan-jalan kita di Solo bagian utara. Memang bukan lagi masuk ke dalam kodya Surakarta, tapi tetap bagian dari Solo.

Iklan

4 thoughts on “Belajar Sejarah 2 #Sangiran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s