Beranda » ceritaku » (Bukan) Pantai Indrayanti

(Bukan) Pantai Indrayanti

Keeksotisan memberikan sentuhan romanis di senja hari. Langit jingga dengan deburan ombak landai menggoda kaki untuk menjilati gelitikannya. Pasir putih dengan tebing menjorok ke laut. Suasana keharmonisan alam dengan mata memandang batas cakarawala. Demikian kata setiap orang yang melihat kawasan ini.

IMG_0032

Tak bisa dipungkiri ada kalanya kita dapar menemukan keindahan itu di pantai yang terbilang β€˜baru’ di daerah Gunung Kidul tersebut. Namun, jangan berharap menjumpai keterpesonaan di masa liburan tiba. Beratus-ratus oran tumpah ruah di sana. Pasir yang putih tak lagi terlihat. Ombak yang kita harapkan mampu menggapai kaki tak kuasa mencapai tepi. Terlebih saat hujan yang tak lagi kita prediksi turun. Alhasil senja kala dengan merah saga enggan pula menghampiri.

tebing dari kejauhan

tebing dari kejauhan

Tetangga Pantai Sundak ini bahkan pernah disebut sebagai duplikat salah satu pantai di Pulau Dewata. Masyarakat setempat menyediakan payung lengkap dengan karpet persis di Pulau Bali. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai sepuasnya dengan menyewa payung seharga 20.000 rupiah. Penginapan lengkap dengan gazebo juga tersedia di sepanjang pantai yang tak terlalu luas ini. Nama penginapan inilah yang akhirnya menjadi nama tenar pantai tersebut.

bersama kawan-kawan karang taruna

bersama kawan-kawan karang taruna

Indrayanti, begitulah pantai itu populer. Namun, masyarakat banyak yang tidak tahu bahwa nama asli pantai di Kecamatan Tepus ini adalah Pantai Pulang Syawal. Kawasan Yogyakarta bagian selatan memang kaya dengan pantai. Bermacam karakter pantai berada di sana bahkan hanya berbatas bukit. Sebelum Pantai Indarayanti dikenal banyak orang, Pantai Baron, Karakal, dan Kukup telah menjadi primadona pengunjung. Masing-masing pantai memiliki karkter yang berbeda. Karena itu, menurut saya tidak menutup kemungkinan pantai lain masih mengundang lirikan wisatawan meski telah menjadi opsi kedua.

bersama kawan-kawan sasindo'05

bersama kawan-kawan sasindo’05

Tak ada tepat wisata yang tak layak dikunjungi selama kita tetap menjaga dan melestarikannya seperti pertama kali kita melihatnya.

Iklan

5 thoughts on “(Bukan) Pantai Indrayanti

    • betul sekali, pantai krakal bagus juga. saat kita beruntung bisa melihat ikan yang terjebak di antara karang-karang. terima kasih sudah berkunjung πŸ˜€ ditunggu lain kali

  1. Ping-balik: Drini: Pantai Terbelah Pulau Karang | was indah sagst

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s