Beranda » ceritaku » Museum Mandala Bhakti #Semarang

Museum Mandala Bhakti #Semarang

Turun dari bus kota ukuran sedang, mata masih kaget. Sejak tinggal di Solo jarang sekali pergi-pergi di waktu matari terik. Bagaimana tidak pagi berangkat, malam baru pulang. Nah, ini saatnya menikmati panasnya bola api raksasa.

museum mandala bhakti

museum mandala bhakti

Ini adalah sebuah bangunan. Seperti saya katakan di tulisan sebelumnya, bangunan ini saya temui secara tidak sengaja. Bangunan gagah itu bernama Museum Mandala Bhakti. Museum ini terletak di kisaran Tugu Muda Semarang, tepatnya di Jalan Soegijapranata No. 1.

Bangunan yang dirancang oleh arsitek Belanda I. Kuhr E. dari Firma Ooiman dan van Leeuwen dulunya dipakai untuk Raad van Justitie atau Pengadilan Tinggi bagi golongan rakyat Eropa di Semarang. Memang sih bentuk bangunannya oke punya.

ruang peristiwa

ruang peristiwa

Gedung yang menghadap ke utara ini dibangun kira-kira 1930. Namun, sejak tahun 1950-an bangunan ini digunakan oleh Kodam IV/Diponegoro sebagai Markas Besar Komando Wilayah Pertahanan II. Kemudian pada 1985 resmi digunakan untuk museum.

tampak depan ruang sidang lantai 2

tampak depan ruang sidang lantai 2

Museum ini menyimpan berbagai koleksi tentang data, dokumentasi, dan persenjataan TNI baik yang tradisional maupun modern. Karena itu, tidak mengherankan bila kita akan menemukan ruang dengan berbagai koleksi, misalnya ada senjata, peristiwa, dan yang menarik ada ruang dengan kursi yang masih asli. Namun, sayang saya tidak bisa mengambil gambar. Tidak hanya itu, di salah satu sudut gedung yang menurut saya mengerikan kita akan menemui ruang peristiwa PKI. Di sinilah saya benar-benar bisa melihat bendera partai yang dilarang pada tahun 1960-an itu. Selama ini saya hanya melihat bendera PKI maupun Permesta dari buku.
IMG_0250

IMG_0252

IMG_0254

Gedung bertingkat dua lantai ini juga menyimpan senjata yang digunakan untuk serangan lima hari di Semarang. Arsitektur dari Belanda dengan jendela-jendela besar membuat kita nyaman di dalamnya. Kita dapat mengunjungi museum ini pada Selasa sampai Kamis (08.00 – 18.00), Jumat (08.00 – 10.30), Minggu (08.00 – 12.00). Sementara pada Senin, Sabtu, dan hari besar. Jadi apa yang ditunggu lagi untuk belajar sambil jalan-jalan?

Iklan

5 thoughts on “Museum Mandala Bhakti #Semarang

  1. Ping-balik: Mampir ke Monument Palagan #Ambarawa | was indah sagst

  2. Ping-balik: Museum Brawijaya #Malang | was indah sagst

  3. Ping-balik: 10 Museum Terkenal Di Jawa Tengah - Jalan Jalan Yuk!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s