Beranda » ceritaku » zhip-zhip zuppa zoup!!!!

zhip-zhip zuppa zoup!!!!

Sore itu, saya memenuhi undangan temn lama. Whuih bukan kepalang melihat poto di pesbuk menggiurkan siapa yang kagak mau datang. Intip punya intip mbak unyu pengundang itu punya resep baru. Ahehehehe, zuppa soup!!!

hasil terbaik aheheeh

hasil terbaik aheheeh

Memang sih, mbak kawan lama itu pinter masak. Meski amatiran, tapi tetep saja enak. Aku percaya dia karena yah beberapa kali masak bareng aheheheh. Selain itu, si doski dulu sempat punya tempat makan di pusat kota kabupatenku. Gila, itu usaha jaraknya 1,5 jam dari rumahnya. Tapi, wush-wush dijalaninya juga. Tak hanya itu, dia pernah punya usaha tempat baca di rumahnya. Untung buat gewe kan. Bisa baca puas dan nyaman dengan bayar yang lebih miring. Malah kadang kagak dibayar. Yang lebih menarik lagi si embak punya usaha mendampingi belajar. Berapa duit coba dikumpulin kalau tiap hari, tiap menit, diitung!!

Hal yang menarik lagi, dia pernah punya usaha brownis bersama temannya,tapi sayang sekarang pecah kongsi.
Udah ah perkenalan si eneng yang penuka kucing itu. Kita mau langsung ajah. Kagak sabar jadinya. sampai di tkp, ngobrol-ngobrollah sama kawan-kawan si empu rumah. Seneng punya kenalan baru. Seperti yang sudah diawali, kami dipertemukan si zuppa soup. Nah, ini nih resep zuppa soupnya. Pertama kita siapkan bahannya ya.

Bahan dan bumbu
1. pastry beku, kulit pastry ini bisa dibeli di supermarket. Kalau kata kawan itu beli di hyp*rmart heheheh
2. ayam kampung atau ayam merah.
3. 4 bawang merah,
4. 1 bawang putih,
5. 1/2 bawang bombay
6. 1/3 sdm garam,
7. seujung sendok gula,
8. 1/2 bungkus magic maggi,
9. 2 tetes maggi cair,
10. 1/3 sdt kecap inggris.
11. Merica bubuk
12. Minyak dan margarin utuk menumis
13. Susu bubuk larutkan dalam air. Ingat bukan susu kental manis ya!!!
14. Margarin
15. 4 sdm tepung terigu
16. 1 kuning telur untuk olesan

Langkah memasaknya
1. Potong satu lembar pastry menjadi 2 bagian sama panjang. Masing-masing beri dusting (taburan tepug terigu) tipiskan kulit pastri. Biasanya satu lembar menjadi 6 lembar tipis sebagai penutup mangkuk. Eits, jangan terlalu memberikan dusting karena akan membuat kulit tidak beserpih dan lebih terasa terigunya dibandingkan gurih. Selain itu, adonan menjadi kurang elastis.
2. Setelah menggiling kulit, kita mulai memasak soupnya. Pertama, potong ayam kecil-kecil. Rebus, tunggu mendidih masukkan 1 bawang merah dan 1 putih. Kecilkan api dan panci ditutup. Masak hingga ayam empuk. Air rebusan daging ayam ini digunakan untuk kaldu.
a. tips: ayam potong bisa juga digunakan, tapi aromanya kurang. Jadi, enaknya memang ayam kampung.
3. Mulai yuk ke bumbu ya!!! 4 bawang merah, 1 bawang putih, 1/2 bawang bombay dirajang tipis, tumis dengan minyak dan margarin. Tunggu harum masukkan 4 sdm penuh terigu. Tumis lagi, masukkan potongan ayam, tumis, tuang, kaldu, didihkan, tuang susu, kecilkan api. Masukkan 1/3 sdm garam, seujung sendok gula, 1/2 bungkus magic maggi, 2 tetes maggi cair, 1/3 sdt kecap inggris. Merica bubuk. Tipsnya adalah: masukkan bumbu di akhir. Benar-benar akhir agar rasa tidak terbawa uap.
4. Angkat wajan, sisihkan
5. Masukkan soup ke dalam mangkuk tahan panas, tutup dengan kulit pastry yang ditipiskan. Oleskan kuning telur. Lakukan sampai soup dan kulit pastry habis.
6. Siapkan oven denga temperatur 100 derajat, masukkan mangkuk. Sebaiknya, tidak mengoven lebih dari satu sap. Ini untuk mendapatkan pembakaran yang sempurna dan membuat hasil oven lebih cantik.

kurang matang

kurang matang

Sebenarnya, soup pada zuppa soup sama dengan stoofle alias setop. Jadi, kalau sudah bisa membuat setop alhasil akan lebih mudah karena sudah 80% perjalanan. Tinggal membuat adonan dan mengovennya.

Nah, mudahkan? Satu lagi tipsnya: lebih baik menggunakan oven kompor daripada listrik. Mengapa? Sebab, karena, because, ternyata penggunaan oven listrik tidak stabil. Kan listrik kita naik turun tegangannya. Nah, itu membuat masakan kita juga tidak stabik kematangannya. Begitu deh intinya.

Gimana-gimana, bersiap untuk mencoba? Sluuuuppppp mantapss!!

Iklan

8 thoughts on “zhip-zhip zuppa zoup!!!!

  1. Panaskan margarin, tumis bawang bombay sampai layu, masukkan tepung terigu, aduk rata. Biarkan terigu matang, tuangi susu dan kaldu, aduk rata dan biarkan mendidih, pindahkan ke dalam panci. Masukkan ayam, jamur, dan bumbu lainnya, aduk rata. Coba rasanya, bila sudah pas, matikan api.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s