Beranda » sokanalitis » the wedding classical music: Pachelbel’sCanon

the wedding classical music: Pachelbel’sCanon

Gue harus bilang WOW!!!!!
Tulisan ini berawal dari status teman di FB. Dia menulis tentand canon yang menjadi musikpada iklan sebuah kamera. Setahu saya selama ini instrumental bagus dan memesona telinga itu milik Mozart. Wow ternyata saya salah. Dan mungkin banyak orang yang mengira sama seperti saya. Sebab selama ini di berbagai situs, kanon ini dengan nama Mozat yang menggunakan violin, harpa, dan cello.pachelbel

Canon d’mayor atau yang lebih populer dengan sebutan pachelbel’s canon itu milik orang lain yang bernama Johann Pachelbel. Jadi, nama pemilik kanon ini nempel di judul kanon tersebut. Pachelbel lahir jauh sebelum Mozart lahir, dan tentu saja jauh dari Bethoven sang Symphoni. Pachelbel dibaptis pada 1 september 1653, sedangkan Mozart baru ada 27 Januari 1756.

tidak banyak karya Pachelbel yang dapat diketahui. Sebab, karya-karyanya banyak yang hilang. Bahkan, karya yang diperkirakan digunakan ntuk acara pernikahan ini baru dikenal pada 1919. Ini tentu sangat jauh dari waktu aransemen itu lahir.

Seperti halnya naskah kuno, kertas dan berbagai karya ini hilang. Potongan-potongan karya Pachelbel hanya sedikit yang bisa ditemukan. Meski demikian, masih ada satu karya selain Kanon Pachelbel yang memuat cerita kehidupan Pachelbel. Berkebalikan dengan Pachelbel’s Canon yang ceria, karya Grundlage einer Ehrenpforte (Hamburg, 1740) identik dengan upacara orbituari.

Pachelbel tentu sangat berpengaruh pada perkembangan msik klasik dunia, meski tidak begitu banyak karyanya yang dikenal orang. Dengan banyaknya komposer dunia yang berasal dari Negeri tembok berlin, membuat saya kembali menggebu untuk belajar lagi. Selalu ada kaitan dengan ilmu yang saya suka. Naskah dan teks secara umum. Tak lupa dengan Deutsch und Deutschland.

Iklan

2 thoughts on “the wedding classical music: Pachelbel’sCanon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s