Beranda » ceritaku » Si Hijau Di Krasak Nan Menggoda

Si Hijau Di Krasak Nan Menggoda

Hidup boleh saja di Solo. Tapi, makan sah-sah saja berkelana. Salah satunya ya di sini. Di Kota Gudeg ada satu makanan yang membuat saya jatuh cinta. Ini memang bukan asli Kota Pelajar. Namun, justru karena menjadi Kota Pelajar-lah yang membuat makanan khas ini nangkring di salah satu jalan kecil. Dialah cotto makassar.

Pertama kali ingin mencoba, agak ragu sih. Selain karena takut rasa pedas, juga keyakinan bahwa makanan ini kuat rempah. Saking seringnya lewat, dan banyaknya orang yang mampir, membuat saya tergoda juga untuk mencobanya.

Sekitar tiga tahun lalu, saat masa kuliah lapangan, saya mendapat jatah di Ngayogyakarta. Tepatnya di Balai Bahasa Jogja. Teman-teman lain ada yang mendapat di Bandung, Jakarta, dan Semarang. Kantor ini terletak di Kotabaru. Nah, menuju lokasi ini saya menemukan si warung ijo.

Jangan takut teman, warung makan yang selalu ramai ini tidak akan menguras kantong kita. Sejak pertama kali menikmatinya 2008 lalu hingga sekarang tidak terlalu berubah kok harganya. Dulu satu porsi cotto plus dua ketupat dan satu gelas teh manis sukup dengan 8ribu. Dan sekarang hanya naik 1.500 untuk porsi yang sama. Masih cukup terjangkau apalagi bagi yang masih jadi mahasiswa. Saking murah dan terkenalnya tak jarang akan kita temui para dosen mampir eh ketemu mahasiswanya.

Cotto ini ada dua pilihan, yakni campur atau daging. Jangan bingung kalau si ibu tanya gitu. Campur itu artinya daging ples jerohan. Itu bisa hati, babat, tapi bukan usus hehehe. Sementara daging ya daging ajah. Daging yang digunakan adalah daging sapi. Jadi, bagi anda yang tidak suka kambing jangan takut bukan si embek kok. Kalau teman-teman tidak tertarik pada cotto makassar dengan sambal cabainya yang khas. Kalian bisa mencoba makanan khas makassar lainnya. Ini misalnya es pallubutung, barongko, dan es pisang ijo.
Es pallubutung maupun pisang ijo hampir sejenis. Keduanya makanan lunak ya mirip-mirip jenang gitu lah kalau di Solo.

LA-CAPILA adalah nama si hijau itu. Letaknya di Jalan Krasak No 5 Kotabaru Yogyakarta. Jalan Krasak bukan jalan besar seperti Jalan Malioboro, melainkan satu gang sempit yang hanya cukup untuk satu mobil. Mungkin, karena alasan itu jalan ini menjadi jalan satu arah.
Oh iya, warung ini terletak di asrama mahasiswa Sulawesi Selatan.
Seperti kita tahu, Yogya sebagai kota yang didatangi pelajar dari berbagai daerah ini memiliki asrama yang berbentuk rumah adat dari daerah masing-masing. Tidak sulit menemukan warung ini. Sebab, selain nangkring di rumah adat, warung ini menonjol pula ke jalan.
Yuk, kita mulai dari stasiun khususnya dari Solo dan Kutoarjo. Atau dari Madiun kan sekarang bisa naik manja alias Madiun Jaya.

Dari Solo, kita bisa naik Prameks dan turun Lempuyangan. Karena jalan kota ini lebih banyak satu arah dibanding dua arah, saya sarankan Anda untuk jalan kaki saja. Selain irit dan olah raga, kita bisa lewat jalan pintas. Jika anda adalah peng-urban dari Solo ke Yogya yang menitipkan sepeda di stasiun, anda harus muter dulu ke depan Hi-Lab, Go, perempatan Ignatius ambil kiri. Sementara Kalau Anda mengendarai motor dari arah Solo, bisa menuju Jalan Jendral Sudirman, perempatan Gramedia ambil kiri, memutari stadion. Nah, di kiri jalan ada Jalan Krasak. Jalan ini memang terkenal dengan lingkungan mahasiswa.

Eits, saya jauh-jauh makan cotto makassar di Jogja bukan berarti di Solo tidak ada warung cotto. Namun. ada yang menarik di Kotabaru. Apaan tuh? Lain kali mungkin kita bisa jalan-jalan lagi ke sana…..

Iklan

2 thoughts on “Si Hijau Di Krasak Nan Menggoda

    • ehm, kalau dari malioboro mending jangan baik transjogja, naik saja bus yang jurusan ke ugm turun di depan santo yosef. karena transjogja haya turun di haltenya heheheh: oke dian selamat menikmati cotto ya!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s