Beranda » sokanalitis » proyek itu adalah kita

proyek itu adalah kita

Berkali-kali aku membaca dan mendengar satu kata ini PROYEK. Buka komen PROYEK, buka status PROYEK. Ngobrol dengan teman PROYEK. Apa sih proyek yang dimaksud itu? Menurutku setiap hal yang kita usahakan adalah proyek. Setiap yang kita wujudkan adalah proyek. Hal yang berusaha kita selesaikan adalah proyek.

Proyek bukan hanya yang ada dalam pikiran kita. Proyek adalah yang berusaha kita wujudkan dengan tujuan tertentu, terlihat nyata. Lantas apakah proyek selalu hal besar? Aku dengan sangat percaya diri YA. Proyek adalah sesuatu yang selalu besar. Dan proyek terbesar adalah DIRI KITA SENDIRI.

Bayangkan jika kita sibuk mengurus banyak proyek, tapi kita lupa proyek pada diri kita sendiri. Kita ingin menggerakkan, memotivasi orang lain, tapi kita sendiri gembos? Kita tidak tahu hal yang harus kita lakukan kepada diri kita. Apa yang yang akan kita lakukan, apa yang harus kita perjuangkan, apa yang harus kita beri dorongan? Jika kita tidak punya itu semua.

Kita membiarkan diri kita terbenam dalam proyek-proyek itu tanpa menyadari ada magma yang menggejolak di dalam diri kita. Seperti gunung berapi, suatu saat gejolak itu akan menyembur keluar. Ini tinggal menunggu waktu. Kecuali, suasana di luar mendukung gejolak itu untuk redam sedikit demi sedikit.

Proyek, bagi seseorang yang sedang recovery karena sebuah teguran Tuhan adalah BANGKIT KEMBALI. Proyek bagi siswa kelas tiga sma adalah UAN dan SNMPTN yang akan mengarahkan layar kapalnya bagi masa depan. Proyek bagi yang sudah lama punya pacar adalah secepatnya menikah. Proyek bagi orang yang mengerjakan tugas akhir adalah segera menyelesaikannya, menyandang sarjana, dan lepas dari penjara suci. Proyek bagi kita yang sedang punya cita-cita adalah menata langkah untuk mewujudkannya.

Banyak hal yang kita lupa bahwa itu adalah proyek. Tergantung saat ini kita sedang dalam posisi mana dan apa yang ingin kita wujudkan. Proyek itu tidak hanya dengan kita banyak diskusi, tidak hanya yang menghabiskan banyak dana. Proyek itu kawan tidak hanya tentang suatu pembangunan. Proyek itu adalah saat kita mengetahui prioritas yang hendak kita wujudkan.

Tentu saja mungkin ada dari kita yang tidak setuju dengan pendapatku, tapi ini hanya pendapat kawan. Kau pun boleh berpendapat lain. Mungkin kau punya pengertian kata PROYEK itu bagi dirimu sendiri? Ungkapkanlah! Dan lakukan!

Iklan

4 thoughts on “proyek itu adalah kita

  1. selamat bergabung eduvolunteer..(wow…nama yang sangat ebrbobot ehheeh sampai aku takut mengucapkannya, pasti isinyapun sangat beraaattt eheeehehe ^_^V)
    bagi berpikir sederhana dan menjalani dengan lebih telaten (termasuk setia pada sesuatu) adalah hal terbaik untuk mengembangkan proyek (diri)… semoga tidak kaget dengan tulisan saya…
    semangat relawan pendidikan…!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s