Beranda » sokanalitis » panggil aku indah saja

panggil aku indah saja

Dulu, ketika ada seseorang mengajakku berkenalan di jejaring sosial dan memanggilku UKHTI, rasanya seperti ada sesuatu yang berat di pundakku. Aku lebih suka dipanggil dengan namaku saja. INDAH. Cukup singkat dan penuh makna dengan sosokku. Kalaupun harus dipanggil dengan embel-embel aku lebih senang jika ditambah DEK atau MBAK, tergantung dengan yang memanggil. Hal ini ternyata juga dirasakan oleh temanku, yang ternyata tidak begitu senang (atau memang tidak senang ya) dengan panggilan yang diberikan kepadanya di luar institusi tempat dia berkarya.

Apalah arti sebuah nama. Begitu Sang Pujangga mengatakan. Nama dalam KBBI bisa berarti kata untuk menyebut atau memanggil orang (tempat, barang, binatang, dll); sebutan, gelar; kemahsyuran. Dari ketiga arti itu kita bisa mengetahui bahwa nama memiliki satu arti tersendiri. Bagaimana jika kata ‘baju’ kita letakkan pada barang bernama ‘tempe’, dan itu bukan hal yang disetujui oleh masyarakat. “Ehm aku mau dong makan baju itu.” Anehkan? Dan tentu saja orang yang kita ajak bicara bakal melotot bertanya-tanya. “Ni orang sedeng kali ya, mau makan baju?” Meski hanya sebuah panggilan, ternyata nama memiliki peran besar bagi kita untuk membedakan satu dengan yang lain.

Lebih sakral lagi, nama selalu dikaitkan dengan doa. Nama yang diberikan oleh orang tua adalah satu doa dan cita-cita, serta harapan yang disematkan kepada kita. Seandainya ada bayi yang diberi nama terlalu panjang dan akhirnya nangis muluuuuu, sakit teruuuuuuuuuuuus …kata orang tua..tuh anak keberatan nama…kagak kuat ngangkat nama yang sekaligus harapan itu.

Kakakku yang pertama dulu katanya bernama Anik siapa gitu. Terus karena sering nangis, sakit-sakitan pula diganti deh dengan nama WIJI LESTARI yang artinya benih yang selalu lestari. Dengan nama ini orang tuaku berharap agar anaknya yang cantik sebagai benih cinta di antara mereka akan terus lestari, terus hidup, dan penuh kebahagiaan. Eh, benar ternyata doa yang dipanjatkan orang tuaku dikabulkan oleh Tuhanku yang Mahaesa.

PANGGILAH SESEORANG DENGAN PANGGILAN YANG DIA SUKA

Abbas as-Siisiy mengatakan seperti itu. Benar juga ya…selama ini mungkin kita seringkali memanggil seseorang dengan sesuka kita tanpa mau melihat apakah seseorang itu nyaman dan suka dengan panggilan yang kita berikan. Ingat panggilan adalah sebuah nama…..

Apakah tujuan kita memanggil seseorang dengan nama yang disukai oleh orang itu? Bukan lain adalah agar kita semakin dekat dengan orang itu. Aku menjadi ingat katika aku memanggil BOU kepada dua gadis Batak yang cantik sewaktu masih di Jakarta dan berlangsung hingga sekarang. Aku merasa dekat dengan panggilan ini dan syukurnya mereka berdua tidak keberatan ehehheheeheh ^_^V

Teman, sekali lagi aku mengatakan “tempatkanlah seseorang pada posisinya, seperti halnya kita menempatkan sebuah benda pada tempat yang seharusnya” bahwa kita harus menempatkan seseorang dengan panggilan tempat yang tepat dan dan tidak mengurangi haknya. Satu nama panggilan bagi kita mungkin memiliki satu makna yang wajar, tapi tidak untuk orang lain yang menyandang.

Seseorang yang adalah dosen kita sudah seharusnya kita panggil beliau dengan berbagai gelar jika memang dalam situasi resmi, terlebih saat memberikan sambutan. Itu sangat wajar. Apa jadinya jika saat beliau akan memberikan sambutan kita hanya menyebut beliau dengan NAMA SAJA? Tentu ini sangat mengurangi haknya. Pun sebaliknya. Saat kita bertemu dengan beliau di luar dan kita memanggilnya dengan sebutan lengkap itu terasa berlebihan.

Kawan, kadang kita bermaksud baik untuk menyebut seseorang dengan panggilan BAIK (menurut kita). Namun, baik versi kita belum tentu baik pula untuk orang yang kita sematkan dengan panggilan itu. Atau alangkah baiknya jika kita bertanya lebih dulu kepada mereka yang akan kita panggil jika memang merek adalah orang yang dekat dengan kita.

Yuk kita koreksi diri, apakah kita pernah membuat seseorang tidak nyaman, bahkan tersakiti dengan panggilan yang kita berikan?

Iklan

4 thoughts on “panggil aku indah saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s