Beranda » jalan-jalan » ngarsopuro

ngarsopuro

Satu tulisan pertama tentang Kota Solo. Membuat saya memilih benar yang menarik dari Kota Bengawan ini. Akan saya awali dengan Pasar Ngarsopuro alias ngarsopuro market. Apa yang menarik dari tempat ini? Hemmmm…

Sepulang dari Kota Metropolitan yang sudah berbenih tiranopolitan, saya menikmasti satu sore bersama sorang teman. Di satu tempat yang menggelitik untuk dijamahi. Ngarsopuro adalah satu jalan. Dulunya di sepanjang jalan itu terdapat toko-toko yang menjual alat elektronik. Toko-toko itu sekarang telah menjadi satu di dalam satu gedung. Namun, sekarang sudah direnovasi, ditata sedemikian rupa sehingga nikmat untuk sekadar jalan-jalan.

Jangan khawatir untuk tidak bertemu dengan kawasan ini. Sebab, sekalipun Anda datang dari luar kota Anda akan dengan mudah menemukannya. Sebab, Ngarsopuro terletak di sayap kanan Jalan Slamet Riyadi (Jalan Slari) yang notabene adalah jantung Kota Bengawan. Selain itu, Anda juga dapat melalui Jalan Gatot Subroto (Gatsu). Pasalnya, Jalan Ngarsopuro yang ditutup setiap Sabtu malam ini memang tembusan dari Jalan Gatsu.

Selain akan menemukan suasana sore yang hangat, di jalan ini terdapat juga Pasar Triwindu. Saya kurang tahu, apakah nama yang diberikan ini berkaitan dengan umur pasar tersebut. Sebab, seperti yang kita tahu: Triwindu berasal dari dua kata TRI dan WINDU yang berarti tiga windu atau 24 tahun (satu windu=delapan tahun). Ehm, menarik juga untuk dikorek lain kali.

Apa saja yang dapat kita nikmati? Ada bermacam lukisan, arca-arca dengan alat musik gamelan, gapura-gapura kecil dari kayu, dan tak tertinggal tempat melingkar di pohon yang bisa kita gunakan untuk bersantai. Jika malam tak ada hujan kita bisa menikmati Hidangan Istimewa Kampoeng di sini.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Kota Seribu Pesona?

2 thoughts on “ngarsopuro

  1. Halo Indah, salam kenal ya. Aku indi, seorang penulis. Aku tadi lagi blogwalking dan cari-cari blogger yang sayang binatang, nih. Eh, ternyata nyasar disini 🙂 Aku sama Homerian pustaka lagi bikin buku yang isinya kisah2 inspiratif manusia dengan hewannya (ya, mirip2 dengan pet lovers yg pernah kamu baca), rencananya royalty’nya akan disumbangkan untuk yayasan2 fauna. Kamu mau ikut sumbang cerita, nggak? Kalau mau aku tunggu tanggapanmu di email namaku_indikecil@yahoo.com, ya supaya aku bisa jelaskan detailnya. Terima kasih 🙂

Tinggalkan Balasan

