Beranda » ceritaku » suami wajib dididik

suami wajib dididik

Di depan rumah berwarna merah itu terlihat Rojak dan Jupri yang sedang berdebat. Mereka tak lain membicarakan prinsip hidup masing-masing. Kakak beradik ini merupakan orang yang selalu diberi nasihat oleh ayah Latifah dan Hadiah. Dua bersaudara tersebut bahkan telah diminta mereka untuk menjadi ayah sekaligus calon suami bagi kedua gadis tersebut. Jupri dan Rojak meskipun satu keluarga memiliki cara berbeda dalam mendidik anak angkat mereka, Latihah dan Khadijah. Demikianlah pembukan pada pementasan yang digelar di Gedung Teater Luwes, Institut Kesenian Jakarta, Jumat malam (25/02).

Sang kakak, Rojak, mendidik Latifah dengan aturan yang sangat moderat. Latifah boleh keluar rumah ditemani Halimah, sang pengasuh. Dia boleh memakai baju semaunya. Bahkan, Latifah diizinkan untuk menyukai lelaki manapun yang diinginkannya dengan syarat harus jujur kepada “sang pendidik”.

Sebaliknya, Jupri berbeda prinsip dalam mengajar. Dia merasa bahwa perempuan adalah sosok yang harus berada di rumah. Seorang istri (dan anak gadis) tidak selayaknya diberikan kebebasan di luar. Baginya perempuan hendaknya dipingit dan mengerjakan berbagai pekerjaan rumah. Pun dengan cara berpakaian, Jupri berpendapat, perempuan tidak sepantasnya memakai baju modern. Perempuan yang terhormat haruslah memakai kain jarit dan berkebaya.

Sementara itu, Hadijah sang anak didikan Jupri mencintai lelaki yang selalu dia lihat dari kamar jendelanya, yakni Tohir. Jupri yang bersifat keras selalu merasa menang sendiri dan paling benar. Hal ini menjadi salah satu alasan Hadiah tidak mencintai Jupri. Cinta Hadijah pun terhalang, tapi dia tidak kehilangan akal untuk mendekati cintanya. Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Cinta itu tak bertepuk sebelah tangan. Sebab, Tohir jejaka modis itu juga menyambut cinta Hadijah.

Tanpa disangka, Hadijah yang terkekang dengan aturan Jupri mencari berbagai cara untuk menyampaikan perasaannya kepada Tohir. Ini mulai dari mengirim surat yang diakunya dari Tohir hingga mengarang cerita bahwa Tohir akan menculiknya. Bahkan, yang terakhir Hadijah keluar rumah dengan cadar untuk bertemu Tohir. Alhasil, mereka pun digerebek warga atas suruhan Jupri yang mengira itu gadis tersebut adalah Latifah. Sembari menunggu warga menikahkan Tohir dan Hadijah, Jupri datang ke rumah Rojak untuk memberitahukan perselingkuhan Latifah dengan Tohir.

Pertunjukkan dengan setting Betawi ini diambil dari naskah hasil Asrul Sani atas Le Ecole des Maris (The School for Husbands, 1661) karya Moliere. Kisah bergenre komedi ini tentang kerasnya para suami mendidik istri mereka. Pementasan yang disutradarai dan dimainkan Christopher Warella ini mengungkapkan bahwa perempuan tidak perlu dipingit untuk menjaga kesucian dan harga dirinya.

“Seorang perempuan tak perlu dikekang. Dia hanya butuh sebuah kepercayaan untuk menjaga harga dirinya.” Begitulah kira-kira perkataan Latifah kepada Jupri dalam pentas Pendidikan Suami ini

Kalimat tersebut sebagai bentuk kekuatan untuk mematahkan kekerasan, kekakuan, dan kekangan dalam mendidik perempuan. Sebab, dari perempuanlah kita dapat mengerti makna cinta dan kasih sayang. Namun, hingga detik ini ketidakharmonisan gender antara laki-laki dengan perempuan sangatlah timpang. Lelaki seakan dewa yang selalu ditinggikan, sedangkan perempuan tidak bisa bebas memilih untuk diri mereka sendiri.

Pementasan yang digelar pada sebagai ujian karya akhir ini memberikan sebuah pelajaran berharga untuk menghormati dan menghargai perempuan. Melindungi perempuan bukan dengan mengurung mereka di dalam rumah, melainkan dengan memberikan kebebasan dengan batasan-batasan norma yang mampu dipertanggungjawabkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s