Beranda » sokanalitis » STOP WAR!

STOP WAR!

Hari ini benar-benar hari mengerutkan dahi. Sebab, biasanya halaman ini adalah halaman favoritku. Bagaimana tidak mbak yang pandai mengambil berita jagat raya ini tak bisa memilih berita “bagus” karena memang tak ada yang bisa dipilih. Heeeh pasalnya, si reporter Amerika dan Eropa katanya libur panjang jelang Natal dan Tahun Baru 2011. yaela,……

Namun, di antara berita-berita strike itu masih ada yang menarik. FLOTILLA. Masih ingat dengan yang satu ini? heh ini bukan nama anak bayi seorang teman. Saya sangat ingat dengan peristiwa ini karena bersamaan dengan salah satu peristiwa besar di dalam kehidupan saya eheheheheehe. Yap, ini adalah salah satu peristiwa “menegangkan” yang membuat dunia bereaksi dan mengecam. Ini terjadi pada 31 Mei lalu saat flotilla diserang dan mengakibatkan 9 aktivis Turki tewas dalam rangka menyalurkan batuan ke jalur Gaza. Penyerangan terhadap flotilla bernama Mavi Marmara ini membuat pemerintah Turki menarik kedubes-nya dari Israel hingga sekarang. Israel pun tak mau meminta maaf atas insiden tersebut. sementara itu adalah satu syarat agar Turki mau menjalin hubungan kembali dengan Israel. So, mereka masih saling mendiamkan hingga sekarang. Persis seperti tetangga yang jotakan.

Menyinggung masalah flotilla, Turki, Gaza, dan Israel, tentu pikiran kita akan digiring menuju satu peristiwa peperangan. Yah, apalagi kalau bukan PERANG GAZA. Perang di jalur ini ternyata tepat dua tahun hari ini. Betul sekali, 27 Desember 2008. Ribuan orang tak berdosa tewas dalam saling serang ini. invasi Israel selama 22 hari membuat rakyat Palestina menderita. Tidak ada satu pihak pun yang mengalah. Ketegangan muncul di kedua belah pihak.

Di satu sisi Hamas mempertahankan gencatan senjata karena mereka tahu sudah banyak korban atas perang ini. Di sisi lain, Israel tetap bercokol di tempat yang bukan miliknya. Lantas ketegangan pun diprediksi akan terjadi jika keduanya tetap mempertahankan kondisi ini. Saya tak bisa membayangkan ketika saya menjadi bagian dari Palestina (yang menanggung lebih banyak korban). Saya tak bisa beraktivitas, sekolah, dan bermain. Bagaimana dengan kondisi keluarga saya dan semua teman-teman.

Lantas, sampai kapan? Tak tahu. Semoga di tahun baru ke depan kondisi akan lebih baik. Tak ada lagi “kiriman” roket atau mortir di antara keduanya.

Membicarakan perang, saya jadi teringat dengan dua saudara yang masih bertikai hingga sekarang: Korut dan Korsel.

Saya tak bisa membayangkan ketika saya menjadi bagian dari Palestina (yang menanggung lebih banyak korban). Saya tak bisa beraktivitas, sekolah, dan bermain. Bagaimana dengan kondisi keluarga saya dan semua teman-teman. Atau ketika saya menjadi bagian dari dua saudara yang bertengkar itu. Saya bersyukur ada di Indonesia.

gambar dari sini

4 thoughts on “STOP WAR!

  1. suka dengan artikel ini..kemaren saya sengaja tidak membuka fb,sebagai aaksi simpatik (kalau boleh dikatakan begitu) atas ketidaksenangan serangan tgl 27 tsb..hehe

Tinggalkan Balasan

