Beranda » sastraisme » (mulai) sastraisme

(mulai) sastraisme

Setelah kemarin saya sedikit mengingat tentang filologi, kini saatnya saya membuka memori tentang sastra. Dalam kurun waktu empat tahun ngupleg-upleg ilmu ini membuat saya semakin sadar. Apakah itu? yuuupppyyyy……

Di jurusan saya, sastra, linguistik (ilmu bahasa), dan filologi memang saling berkaitan. Sayang di sayang saya tak terlalu paham dengan linguistik. Namun, yang lebih tepat seseorang yang hendak mendalami naskah WAJIB hukumnya memegang ilmu bahasa dan sastra. Kenapa? Sebab, dalam naskah sering terdapat bahasa lama (tata bahasa) yang bisa digunakan untuk kemajuan bahasa itu. sementara untuk sastra karena naskah lama memang kebanyakan berisi karya sastra. Dengan demikian, sudah sepantasnya menguasai kesastraan, misalnya, hikayat, hidayat, atau syair. Semua itu dalam sastra disebut sebagai karya sastra lama.

Berbicara tentang kuliah membuat saya teringat pada berbagai macam mata kuliah sastra yang pernah menjejali prosesor otak saya..tuing-tuing-tuing. Mulai dari pengantar kesusastraan, stilistika, antropologi sastra, sosiologi sastra, pengkajian puisi, teori sastra 1 dan 2, kritik drama dan film, kritik sastra, metode penelitian sastra, sejarah sastra, dan entah apa lagi.

Sastra merupakan sebuah ilmu yang multidispliner. Dia pintar beradaptasi dan menyesuaikan diri. Karena itu, dia bisa berkawan dan “berkawin” dengan siapa saja. Bagaimana tidak sekarang sedang Inn yang namanya mengawinkan dua ilmu, misalnya, biologi dan semiotik menjadi biosemiotika.

Antropologi sastra dan sosiologi sastra merupakan satu contoh hasil “kawan” yang baik. Pun dengan psikologi sastra. Mereka menggambarkan betapa ilmu sastra adalah ilmu sebenar-benarnya humaniora. Meski harus diakui bahwa banyak karya sastra yang tidak lahir dari orang-orang sastra.

Bagaimana kiprah hubungan sastra dengan ilmu lainnya? Baiklah mungkin bisa dibahas di tulisan yang lain. Salam sastra……

Iklan

3 thoughts on “(mulai) sastraisme

  1. Ping-balik: sosiologi ‘liebe’ sastra | was indah sagst

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s