Beranda » sokanalitis » CANCERIAN

CANCERIAN

Seseorang mungkin akan mengatakan saya tidak percaya pada Tuhan saat saya mengatakan dengan yakin bahwa saya seorang cancer. Namun, tidak bagi saya. Sebab, ketika saya mengenal diri saya sendiri, saya akan lebih mudah mengenal orang lain. Saat saya merasa semakin mengerti kelemahan dan kelebihan saya, saat itulah saya akan lebih mudah untuk memahami seseorang. Saya akan lebih bisa mengerti posisi seseorang dengan segala kelemahan dan kekurangan yang ada di dirinya. Bahkan, seseorang yang mengenal dirinya sendiri dengan baik, sesungguhnya dia akan mengenal Tuhannya.

Saya mencoba mengenal diri saya tak hanya dari sebuah rasi bintang. Saya juga belajar mengetahui diri sendiri dari sisi psikologi. Lain kali semoga bisa membahasnya. Apakah kita Sanguinis, melankolis, kholeris, plegmatis? Namun, kali ini saya akan sedikit ngutak-atik sang rasi bintang.

Jumat lalu (19/11) saya libur dan menyempatkan diri untuk ke planetarium. Uhhuuuyyyy, meskipun sendiri (yang lain bawa teman, pacar, atau keluarga), saya tetap enjooyyy. Singkat cerita, saya tahu bahwa cancer adalah satu rasi bintang yang kedudukannya sama dengan waluku dan gubuk penceng. Nama rasi bintang pun cantik-cantik seperti bentuknya. Jumlah keseluruhan rasi bintang adalah 88. Cancer akan dapat kita saksikan pada bulan Juni–Juli dan akan muncul terang dini hari sekitar jam 04.00 WIB. Karena itu, kalau kamu tertarik dengan dunia bintang seringlah diam diri di padang rumput saat malam hari.

Mari kita kembali ke cancer. Kalau kamu pernah mendengar lagu Heidy Diana (ingat!! Bukan Heidy Yunus! sodaraan kali ya? Namanya hampir sama) yang berjudul “Bintangku-Bintangmu” itulah gambaran sederhana rasi bintang yang lebih kita kenal dengan zodiak.

Cancer adalah rasi bintang yang digambarkan dengan simbol kepiting. Semua orang tentu memiliki sisi positif dan negatif. Begitu juga dengan cancer. Seorang cancer memiliki sisi negatif. Dia suka moody dan mudah berubah. Jangan kaget kalau kau mendapatkan dia terlalu emosional dan perasa. Selain itu, dia juga mudah tergantung dan sulit untuk melepaskan sesuatu. Seperti halnya kekurangan, cancer mempunyai kelebihan dalam karakternya. Dia adalah orang yang emosional dan mencintai. Karena itu, dia adalah orang yang setia terhadap pasangan. Cancer memiliki intuisi yang kuat dan memiliki imajinasi yang tinggi. Seorang berasi ini tajam dan hati-hati dalam melangkah sehingga dia dikenal sebagai pelindung dan orang yang simpatik.

Karakter Cancerian sangat bermacam-macam. Ini mulai dari gugup, pemalu, membosankan, sampai brilian. Cancerians terkenal sehingga dapat ditemukan hampir di seluruh tempat. Secara fundamental, Cancerian termasuk konservatif dan mencintai rumah/keluarga. Mereka sangat menghargai asal-muasalnya. Layaknya seekor kepiting, Cancerian menyukai rumahnya yang mungkin kelihatan gelap dan misterius, tapi bagi dirinya itu adalah tempat ternyaman. Sebab, rumah merupakan tempat berkumpulnya keluarga lebih penting daripada digunakan sebagai tempat menyenangkan hati pengunjung/tamu.

Namun, tidak berarti Cancerian tidak menyukai kehidupan sosial. Mereka dapat membagi waktu dengan baik. Karena itu, ada waktu untuk bersosialisasi dan ada waktu untuk menyendiri. Ini seperti layaknya kontradiksi yang ada di alam sesungguhnya. Dari luar mereka dapat terlihat sangat menakutkan, tenang, tanpa kompromi, energik, tajam, intuitif, dan bijaksana. Namun, terkadang mampu memberikan inspirasi. Mereka mampu mengenali situasi orang lain karena kemauan mereka berimajinasi. Bahkan, sering terlalu imajinatif dan terpaku pada fantasi. Ini menyebabkan mereka sering mencoba menyamakan kehidupan romantis yang ada di drama. Mereka menghargai seni dan literatur, terutama drama. Mereka dapat dianggap sebagai seorang yang memiliki bakat literatur, artistik, atau berpidato. Pendengaran yang tajam dan ekspresi yang kuat terkadang dapat membuat mereka berhasil di panggung, meski tendensi mereka untuk terlalu emosional menyebabkan mereka berlebihan. Menariknya, seorang cancer terkadang lebih terbuka dengan hal-hal ajaib. Katanya pekerjaan yang cocok untuk cancer adalah menjadi organisasi pemuda. (heheheheh padahal sepertinya ini tidak sama sekali untuk orang seperti aku).

Dalam hubungan personal cancer memiliki mental gabungan dari ketegaran dan kelembutan. Mereka sering emosional dan romantis terhadap fantasi mereka sendiri. Dalam kehidupan nyata, percintaan mereka tidak terlalu sentimental, tapi biasanya setia. Bahkan jika mereka selingkuh sekalipun, kesetiaan awal mereka tetap kepada pasangan dan keluarga. Mereka tetap menganggap itu sebagai pelindung. Cancerian sangat menghargai cinta, memberi banyak dan satu pelajaran penting yang harus mereka mempelajari adalah mengenai cara menghargai pemberian orang lain. Mereka mudah dipengaruhi orang yang mereka dicintai dan kagumi. Selain itu, mereka terlalu terlena dengan emosi mereka sendiri. Cancer juga teman yang setia, sisi negatifnya adalah dapat menjadi patriotis sempit sehingga mereka tak peduli bahwa pendapatnya salah.

Satu lagi kelebihan sang cancer memiliki ingatan yang baik, terutama untuk kejadian-kejadian yang secara emosional berkesan bagi dia akan terekam secara detail dalam waktu lama. Mereka sangat dipengaruhi ingatan pada saat kecil dan kejadian-kejadian di masa lalu dan juga imajinasi di masa depan.

Begitulah seorang cancer. Tuhan yang berhak menentukan siapa seseorang sesungguhnya. Mari kita mengenal diri sendiri untuk mengenal dan menghargai orang lain. Ayo kita mengenal diri sendiri agar lebih mengenal Tuhan…

4 thoughts on “CANCERIAN

Tinggalkan Balasan

